Cara menghilangkan komedo dengan bahan alami

Sebagian orang lebih menyukai penggunaan bahan-bahan alami karena dinilai lebih murah dan mudah didapatkan. Jika Anda termasuk salah satunya, maka cara berikut mungkin dapat berguna bagi Anda:

Cara menghilangkan komedo dengan bahan alami

1. Minyak tea tree

Minyak tea tree mengandung senyawa antiradang dan antimikroba sehingga diyakini dapat mengatasi masalah komedo. Cara kerjanya adalah dengan membunuh bakteri dan kotoran penyebab komedo yang menumpuk.

Minyak esensial ini dapat digunakan secara langsung di area yang bermasalah dengan komedo, termasuk wajah berikut hidung dan dagu. Atau, Anda juga bisa menggunakan produk sabun pembersih, masker, ataupun krim yang dilengkapi dengan kandungan minyak esensial ini.

2. Madu, lemon, dan brown sugar

Campuran yang terdiri dari madu, perasan lemon, dan brown sugar adalah bahan scrub alami yang cukup ampuh membersihkan sel-sel kulit mati serta menghilangkan komedo. Tidak sulit untuk membuatnya, sebab Anda hanya perlu mencampurkan satu sendok makan brown sugar, dua sendok makan perasan lemon, dan satu sendok makan madu murni.

Setelah semua bahan tercampur dengan rata, oleskan campuran bahan tersebut pada wajah Anda dengan gerakan melingkar. Pijat selama lima menit, lalu bilas wajah Anda hingga bersih. Setelah kering, oleskan pelembap pada wajah Anda.

3. Kunyit dan minyak kelapa

Cara yang satu ini cukup berpotensi karena kunyit mengandung senyawa antibakteri, antijamur, dan antiradang yang dibutuhkan untuk menghilangkan komedo. Namun, kunyit juga memiliki efek samping, yaitu dapat membuat kulit tampak berwarna kuning sehingga Anda harus cermat dalam menggunakannya.

Ambillah satu sendok makan bubuk kunyit asli, lalu tambahkan satu sendok makan air atau minyak kelapa. Campurkan keduanya hingga rata dan teksturnya membentuk pasta. Kemudian, oleskan pasta kunyit pada area kulit yang memiliki komedo. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas hingga bersih.

4. Putih telur dan madu

Masker yang terbuat dari putih telur dan madu dapat melindungi kulit Anda dari dampak produksi minyak berlebih, termasuk komedo. Putih telur juga dapat mengecilkan pori-pori sehingga tidak mudah tersumbat oleh kotoran.

Cukup campurkan putih telur dari satu butir telur dengan satu sendok teh madu hingga rata. Kemudian, oleskan masker pada wajah Anda. Setelah masker mengering, bersihkan wajah Anda dengan air hangat. Lakukan cara ini sebanyak 1-2 kali seminggu untuk menghilangkan komedo yang membandel.

5. Daun lidah buaya

Daun lidah buaya segar bermanfaat untuk membersihkan pori-pori, melembutkan kulit, serta mengurangi produksi minyak berlebih. Meskipun tidak secara langsung berefek pada komedo, tapi penggunaan daun lidah buaya secara rutin dapat membantu mengatasi penyebabnya.

Anda hanya perlu menyiapkan daun lidah buaya segar secukupnya. Keluarkan isi daun lidah buaya yang berupa gel bening dan oleskan pada kulit wajah Anda. Biarkan selama 10 menit, lalu bersihkan wajah Anda dengan air bersuhu suam-suam kuku. Lakukan secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil optimal.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE