Bertahan Dengan Hosting 300MB 1 Tahun, Bisakah?

Yang perlu teman-teman ketahui, blog SAKE XP ini menggunakan hosting dari DraCoola Multimedia.

Mengapa DraCoola Multimedia?

Baca juga: Tips Sederhana Menentukan Jasa Hosting Lokal Murah

Karena setelah saya riset ringan di beberapa grup blogger facebook, banyak yang menyarakan penyedia layanan hosting ini.

DraCoola menjadi salah satu layanan hosting tertua di Indonesia. Berkat itu, mereka punya pengalaman lebih daripada layanan hosting lain.

Performa yang diberikan DraCoola pun tidak ecek-ecek. Terbukti dengan blogger-blogger besar yang lebih memilih DraCoola Multimedia sebagai hosting blog besar mereka.

Disini saya tidak ingin membahas DraCoola-nya, melainkan bagaimana saya bertahan dengan hosting yang saya pilih ini.

Karena hosting yang saya pilih ini adalah paket hosting terendah di DraCoola Multimedia. Saya memilih 100 ribu/tahun. Murah banget kan? 😀

Baca juga: Hosting Murah Mulai 4rb an

Paket Hosting DraCoola Multimedia

Uniknya di DraCoola Multimedia ini masih mempertahankan fitur web space yang limited.

Padahal diluar sana (penyedia hosting lain) pada paket harga terendah pun, mereka sudah menyediakan fitur web space unlimited.

Ntah mengapa, malah fitur limited ini yang membuat saya jatuh hati kepada DraCoola Multimedia. Itu menandakan kualitas hosting sini mantab djiwa.

>> Daftar DraCoola Multimedia <<

Lalu, bagaimana caranya blog SAKE XP ini bertahan dengan space se-limit itu? hehe

Saya menggunakan teknik:

  1. Awalnya blog ini menggunakan penyedia hosting lain yang unlimited. Jadi dulu banyak gambar yang sudah terupload. Ketika saya mau pindah ke DraCoola Multimedia, saya menghapus semua gambar di hosting. Maka tidak heran jika sekarang banyak postingan dan gambar yang error hehe… jadi cara pertama adalah menghapus semua gambar dan video di hosting.
  2. Tidak mengupload gambar dan video apapun di hosting kecil ini. Untuk mengatasi keterbatasan space hosting, jadi saya sangat memperhatikan file-file yang saya upload. Saya tidak upload gambar dan video apapun, kecuali gambar favicon dan background blog ini. hemat banget yak hehe..
  3. Menginstall hanya beberapa plugin penting saja. Saya menginstall plugin sekitar 10 item saja. Seperti Yoast SEO, AMP, Litespeed Cache, dkk. Jadi lupakan dulu untuk menginstall plugin-plugin aneh-aneh.
  4. Upload gambar di penyedia lain. Seperti yang kita tahu, di blogspot kita bebas mengupload gambar sebanyak mungkin, jadi kita gunakan saja fitur itu 😀 kita upload gambar di blogspot, lalu copy image url-nya dan paste di postingan wordpress sini
Bertahan Dengan Hosting 300MB

Mengapa SAKE XP menggunakan paket terendah?

Karena blog ini belum menghasilkan pundi-pundi dollar, jadi saya memilih paket terendah.

Untuk paket hosting yang gede untuk blog lain hehe..

Baca juga: $300 Pertama dari Adsterra

Tinggalkan komentar