Format RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Terbaru 2020

Perbedaan RPP Lama dan RPP Baru

Selama ini guru selalu disibukkan dengan yang namanya RPP, bahkan mereka membuat RPP dalam satu semester hampir satu rim kertas. Padahal RPP yang dibuat tersebut tidak digunakan saat di kelas saat pembelajaran, tapi hanya sebagai administrasi saja saat ada pengawas sekolah.

Melihat hal tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang baru yakni Nadiem Anwar Makariem akhirnya memberikan masukan agar tugas guru lebih efesien dan efektif dalam mendidik murid atau peserta didik.

Mungkin banyak rekan-rekan guru yang belum mengetahui bagaimana perbedaan RPP yang lama dengan yang RPP baru. RPP Lama :

RPP Lama

Format: Guru diarahkan untuk mengikuti format RPP secara kaku

Komponen: RPP memiliki terlalu banyak komponen – guru diminta untuk menulis dengan sangat rinci (satu dokumen RPP bisa mencapai lebih dari 20 halaman).

Durasi Penulisan: Penulisan RPP menghabiskan banyak waktu guru, yang seharusnya bisa digunakan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri

RPP Baru

Format: Guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan dan mengembangkan format RPP

Komponen: 3 Komponen inti (komponen lainnya bersifat pelengkap dan dapat dipilih secara mandiri) :

  • Tujuan Pembelajaran
  • Kegiatan Pembelajaran
  • Asesmen (1 halaman cukup)

Durasi Penulisan: Penulisan RPP dilakukan dengan efisien dan efektif sehingga guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

Nah dari arahan kebijakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut akhirnya kita bisa menyimpulkan bahwa membuat RPP terbaru cukup seperti ini :

Dok. Elizabeth Tjahjadarmawan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah              :
Mata Pelajaran  :
Kelas/Semester :
Mata Pelajaran  :
Materi                :
Alokasi              :

A. Tujuan Pembelajaran :

B. Kegiatan Pembelajaran :

C. Asesmen/Penilaian :

Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi bapak dan ibu guru semuanya. Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi lengkapnya, termasuk mengenai USBN, Ujian Nasional, PPDB yang terbaru silakan

download disini

Format RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Terbaru 2020 Versi P4TK

Sejak dilontarkan gagasan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang baru yakni Nadiem Makarim tentang penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terbaru cukup 1 halaman, maka kebijakan tersebut menjadi perbincangan hangat di kalangan guru, pengawas sekolah, kepala sekolah dan pemerhati pendidikan di tanah air.
Selama ini guru selalu disibukkan dengan yang namanya RPP, bahkan mereka membuat RPP dalam satu semester hampir satu rim kertas. Padahal RPP yang dibuat tersebut tidak digunakan saat di kelas saat pembelajaran, tapi hanya digunakan sebagai administrasi saja saat ada pengawas sekolah.
Melihat hal tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang baru yakni Nadiem Anwar Makariem akhirnya memberikan masukan agar tugas guru lebih efesien dan efektif dalam mendidik murid atau peserta didik, salah satunya dengan penyederhanaan RPP.
Beberapa waktu yang lalu, kami sudah membuat artikel tentang Format RPP Terbaru tahun 2020 yang masih perdebatan di kalangan pendidik atau guru itu sendiri. Kini akhirnya PPPPTK atau Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan mengeluarkan format final RPP terbaru.
RPP Terbaru

Rumusan Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya Jenjang SMP/MTs dan SMA/MA

Dalam RPP terbaru terdapat IPK singatan dari Indikator Pencapaian Kompetensi yang sebelumnya hanya ditulis Indikator, selain itu langkah-langkah pembelajaran hanya dituliskan yang penting-pentingnya saja. Serta perubahan nama dari Penilaian menjadi Assesmen.
Agar lebih jelas, sekarang kita lihat format RPP terbaru dari P4TK yang bisa digunakan untuk membuat RPP terbaru di semester genap 2020. Berikut format RPP terbaru P4TK yang dikeluarkan oleh P4TK Seni dan Budaya untuk jenjang SMP/MTs atau SMA/MA :
Bagi Anda yang membutuhkan dokumen resminya silakan unduh file Rumusan Final RPP dari P4TK silakan download sini
sumber: https://www.didno76.com/

Related posts of "Format RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Terbaru 2020"

Work From Home Zoom Meeting Goes Horribly Awry When One Worker Goes To The Toilet

Of all the uncomfortable scenarios we'd imagined with our coworkers, this is not something we ever imagined happening. [Via Twitter]

4 simple exercises to strengthen your attention and reduce distractibility

Our attention gets hijacked by everything from the stress in our lives to the ding of our phones. Neuroscientist Amishi Jha shows how we can cultivate the ability to focus on what really matters. “I think, therefore I am distracted.” If Descartes were writing today, this is what his famous aphorism might have become. We’re...

Bernie Sanders Is the First Candidate to Call for Ban on Facial Recognition

Democratic agent Bernie Sanders just became the aboriginal presidential applicant to alarm for a ban on the use of facial acceptance software by law enforcement. A agent for the Sanders attack said in an email that Sanders affairs on introducing a civic ban on facial acceptance that can be activated on a accompaniment and bounded...

Prediksi Real Madrid vs Liverpool 27 Mei 2018

Prediksi Real Madrid vs Liverpool 27 Mei 2018 - Real Madrid dan Liverpool akan bertarung di NSC Olimpiyskiy Stadium, Kiev, dalam partai final Liga Champions pada Minggu, 27 Mei 2018. Mereka akan saling memperebutkan supremasi tertinggi di kancah sepakbola antarklub Eropa. Madrid unggul di lini tengah dan pengalaman. Liverpool lebih baik dalam performa keseluruhan mereka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.