Millvina Dean Menjadi Penumpang Termuda Yang Selamat Dari Tragedi RMS Titanic

Millvina Dean Menjadi Penumpang Termuda Yang Selamat Dari Tragedi RMS Titanic

Millvina Dean menjadi penumpang termuda yang selamat dari tragedi RMS Titanic pada 15 April 1912. Ketika itu ia berusia 2 bulan.

Uniknya ia juga menjadi penumpang paling akhir meninggal dari korban Titanic, ia meninggal pada 2009 lalu.

Millvina Dean, korban selamat terakhir kecelakaan kapal Titanic, meninggal dunia pada usia 97 tahun, tahun 2009, di Southampton, Inggris. Ketika kejadian tenggelamnya Titanic pada 14 April 1912, Dean baru berusia dua bulan lebih dan juga merupakan penumpang termuda di kapal tersebut.

Menurut seorang temannya, Gunter Babler, Dean meninggal dunia dalam tidurnya bertepatan dengan 98 tahun peluncuran kapal Titanic yang diklaim sebagai kapal anti tenggelam.

Dean adalah salah satu dari 706 nyawa yang selamat pada kecelakaan kapal yang hanya terjadi kurang dari tiga jam sebelum akhirnya tenggelam. Ibu Dean, Georgette, dan kakak Dean yang baru berusia dua tahun, Bertram, juga selamat dalam kecelakaan tersebut. Namun sang ayah yang berusaha menyelamatkan keluarganya justru tewas bersama 1.517 penumpang lain.

Keluarganya sendiri adalah penumpang kelas dek yang bermaksud meninggalkan pelabuhan Inggris untuk memulai hidup baru di Amerika Serikat. Ayahnya menjual klub milik keluarga dan berharap bisa membuka toko tembakau di Kota Kansas, Missouri, Amerika Serikat.

Lahir di London, 2 Februari 1912, Elizabeth Gladys “Millvina” Dean menghabiskan masa hidupnya di Southamton, pesisir Inggris, tempat Titanic berlabuh. Dia tak pernah menikah dan bekerja sebagai sekretaris hingga pensiun pada 1972 dari sebuah perusahaan teknik. Dean sendiri belum mengetahui bahwa ia salah seorang korban selamat kecelakaan Titanic hingga usianya delapan tahun, saat ibu bercerita tentang kematian sang ayah.

Tinggalkan komentar