Beranda / Otomotif / 9 Tips Merawat Mobil di Masa PSBB Yang Perlu di Terapkan

9 Tips Merawat Mobil di Masa PSBB Yang Perlu di Terapkan

Aturan pemerintah mengenai PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di masa pandemi covid-19 ini membuat banyak mobil harus berdiam diri di garasi.

Jangan sampai hal tersebut membuat kita lengah untuk merawat mobil kita tercinta.

Baca juga: 12 Harga Mobil Murah – Toyota Keluaran Terbaru 2019

Tips-tips yang bisa teman-teman terapkan di masa PSBB ini adalah sebagai berikut:

  1. Jangan lupa cek oli mesin. Tips pertama yang riskan adalah cek oli mesin. Usahakan pada saat pengecekan dilakukan pada tempat yang datar. Hindari tempat yang miring/tanjakan/turunan.
  2. Cek air radiator. Pastikan kondisi airnya cukup dan aman.
  3. Disarankan untuk menyalakan mobil paling tidak 3 hari sekali. Durasi antara 10-15 menit saja sudah cukup.
  4. Pada saat mesin mobil dinyalakan sebaiknya RPM diangka 1500 untuk menjaga performa baterai dalam menyimpan tenaga listrik.
  5. Hadapkan knalpot keluar rumah, jangan hadapkan ke tembok rumah.
  6. Usahakan tangki bahan bakar dalam kondisi penuh untuk menghindari udara yang terjebak dalam tangki yang bisa menyebabkan kondensasi udara menjadi air. Jika ada kandungan air (apalagi banyak) itu dapat mengganggu performa mesin mobil.
  7. Perhatikan tekanan angin ban. Untuk masalah ukurannya, bisa di ukur sendiri seberapa. Atau juga bisa menggunakan alat yang bernama Jack Stand Car. Itu semua untuk menghindari bentuk ban menjadi flat akibat terlalu lama di parkir.
  8. Tidak mengaktifkan rem tangan atau Parking Break. Alasannya, jika parkir terlalu lama, komponen seperti kampas rem bisa macet karena terlalu lama melengket. Untuk matik bisa shift P aja, kalau manual cukup pakai gigi 1 dibantu dengan ganjal di ban.
  9. Jaga kebersihan mobil untuk menghindari tikus. Cukup dengan cuci bersih mobil secara rutin, atau bisa dengan tambahan produk aftermarket anti rad. Atau juga bisa juga menggunakan kapur barus

Baca juga: 4 Tips Membersihkan Jamur Kaca Mobil Paling Mujarab

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.