Tips Rumah Burung Walet Yang Wajib Diketahui

rumah burung walet

Mengupas sedikit tentang Fenomena alam “non artifisial” yang berarti peristiwa terbentuk tidak diciptakan oleh manusia namun dapat memengaruhi manusia”.

Tips Rumah Burung Walet


Ayo “MENGUPAS” sedikit tentang judul diatas :

1. Pada dasarnya burung walet adalah burung liar, yang hidup berkoloni di goa-goa alam di pantai karang yang terjal, atau di goa-goa bukit kapur di dataran rendah yang tidak lebih dari 500 m dari permukaan laut.Dalam goa-goa alam dimana sekelilingnya adalah hutan belantara. Keadaan di dalam goa tersebut mempunyai kelembaban yang cukup tinggi sekitar 75% sampai 90% dengan suhu berkisar 23o C sampai 29o C. Burung walet tersebut hinggap pada dinding goa dengan kuku jarinya yang kuat.Di dinding goa tersebut mereka membuat sarang sebagai sarana untuk berbiak mengembangkan keturunannya.

2. Lalu kenapa burung walet/burung liar penghuni goa alam tersebut ada yang pindah atau migrasi dari habitat aslinya?. Ada beberapa faktor kemungkinan yang menyebakan burung tersebut pindah, antara lain :

  • Faktor gejala alam, faktor ini bisa disebabkan oleh adanya bencana alam, misalnya akibat gempa bumi, tanah longsor. Atau akibat lubang masuk goa tidak ideal lagi, karena terlalu open atau justeru tertutup oleh pepohonan liar yang mengakibatkan kurang nyamannya sebagai tempat hunian.
  • Faktor gangguan musuh-musuh walet, bisa karena adanya faktor binatang yang mengganggu “stabilitas nasional” mereka, seperti ular, tikus, elang, burung hantu dan binatang lain. Atau mungkin juga karena ulah manusia yang cenderung mengeksploitasi sumberdaya alam tanpa memperhitungkan wawasan lingkunganya.
  • Faktor kurangnya daya dukung pakan, yang dimaksud adalah kawasan sekitar goa perhunia walet. Daerah jelajah walet dalam mencari makanan mencapai radius 25 km dari lokasi sarangnya. Daya dukung pakan ini bisa berkurang karena adanya penggundulan hutan atau adanya kebakaran hutan termasuk pembakaran hutan. Atau justru populasinya yang meroket tajam sehingga keseimbangan makanan dan populasi timpang tidak seimbang.

Mengupas uraian poin 1 dan 2 diatas bahwa :

  1. Budidaya burung walet yang sangat perlu adalah manusia menciptakan tempat untuk burung walet/burung liar sebagai tempat yang sekarang kita sebut RBW (Rumah Burung Walet) untuk hidup berkoloni.
  2. Keadaan di dalam RBW (Rumah Burung Walet) harus kita jaga dan pertahankan kelembaban dikisaran 75% sampai 90% dengan suhu berkisar 23o C sampai 29o C.
  3. Perlunya daya dukung pakan terutama pada satu daerah yang memiliki koloni padat dengan jumlah yang besar yang mengharuskan burung walet mencari makan sampai sejauh mungkin yang dalam pencarian makan bisa membuat burung walet kehabisan waktu perjalanan untuk kembali sehingga bisa jadi mencari tempat yang lebih dekat dari sarana pakan tersebut.

Kesimpulannya bahwa untuk budidaya burung walet yang sangat perlu adalah :

  1. Tempat/lokasi RBW (Rumah burung Walet) yang dilengkapi dengan SP (suara panggil) dan SI (suara inap)
  2. Menjaga dan mempertahankan kelembaban dan suhu dalam RBW (Rumah burung Walet) sebagai wadah koloni termasuk menjaga predator.
  3. Memenuhi kebutuhan pakan burung walet yang berkepanjangan/setiap saat.

sumber: grup fb

Tinggalkan komentar